RSS

Apa saja yang ada di Grogot?

04 Jan

Tanah Grogot adalah salah satu kota kecil yang termasuk ke dalam wilayah provinsi Kalimantan Timur, Kota ini merupakan ibukota dari Kabupaten Paser. Kota ini dapat ditempuh menggunakan angkutan bus dari Banjarmasin, Kalsel dengan jarak tempuh kurang lebih 10 jam. Biasa bus berangkat pukul 7 mlm dari terminal Pal 6 Banjarmasin dan tiba di grogot pukul 7 pagi.
Adapun jalan-jalan utama di Grogot sangat lebar, bahkan sama lebarnya dengan jalan A. Yani di kota Banjarmasin, namun jumlah kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang melintasi kota Grogot masih relatif sangat sedikit. Anehnya, jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi setiap hari cukup banyak. Setiap kali saya bertugas di IGD RS. Panglima Sebaya (RSU di Grogot), dalam durasi waktu kerja 6-7 jam, rata-rata saya menerima dan menangani 3 kasus kecelakaan..ada apa ini??? Kurangnya disiplin? atau apa?
tengah_kota-grogot

Dipusat kota Grogot terdapat bebeapa kawasan yang selalu ramai dikunjungi warga dari sore hingga malam hari. Mulai dari siring sungai Kandilo yang terletak di jalan Cut nyak dien. Siring tersebut sangat mirip dengan siring Sungai Martapura yang ada di Banjarmasin, tetapi siring di sini lebih panjang (1 KM), namun airnya juga sama dengan sungai martapura, sama-sama coklat. Panjang sungai Kandilo sendiri mencapai 190 KM, sehingga menjadi salah satu sungai yang terpanjang di Kalimantan Timur, selain sungai Mahakam.
siring-keren
disebelah selatan kota, terletak pusat perbelanjaan terbesar dikota ini, Kandilo Plaza,disebelah kanan kiri gedung ini, terdapat pasar tradisional. Disebelah timur, terletak masjid Agung, masjid terbesar dan kebanggaan masyarakat Grogot. Disebelah barat dari situ terdapat alun-alun kota yang arsitektur bangunannya mirip dengan kubah masjid. Ditempat ini, masyarakat kota, biasanya menggunakannya untuk bermacam-macam kepentingan, baik untuk tempat bersantai, main musik, latihan karate, teater sampai dengan kegiatan pameran.
kandilo_plaza
mesjid-agung-grogottaman-puteri-shaleha_kota
tengah_kota-grogot1igd-p-sebaya
ada lagi tempat bersantai lainnya, yaitu seperti taman putri saleha, yang mirip dengan taman air mancur di Banjarbaru.

Ada yang berminat datang ke Grogot???
Tenang saja, banyak hotel atau tempat penginapan murah disini..
atau nginap di tempat saya saja..di perumahan dokter RSU P. Sebaya,, di jalan Cipto mangunkusumo… gratis!
PAser Buen Kesong !!! ( Paser Berhati Baik)

Advertisements
 
83 Comments

Posted by on January 4, 2009 in Uncategorized

 

83 responses to “Apa saja yang ada di Grogot?

  1. PakGuruSd

    January 4, 2009 at 12:50 pm

    Wah…, bagus-bagus nih fotonya. Boleh gak saya pakai di blog saya pak? Saya link kok. Soalnya HP saya jadul, gak bisa moto bagus begini hehe…

     
  2. agushw

    January 4, 2009 at 3:17 pm

    wah saya sudah tidak asing lagi dengan foto-foto diatas, maklum saya dulu sering bertugas digrogot. satu hal yang saya kangen dengan kota grogot….yaitu warung soto banjar quin, yang terletak disamping lapangan sepakbola dekat siring sungai kandilo, coba deh anda kesana mungkin kerinduan anda akan banjarmasin sedikit terobati.
    dan mengenai angka kecelakaan digrogot memang tinggi mengingat banyaknya simpang empat yang cukup rawan dan banyaknya pengguna roda dua yang mengendarainya seperti setan

     
  3. mina

    January 4, 2009 at 10:28 pm

    mesjidnya indah ya….
    tapi rumah sakitnya kecil hihihi… tapi gak papa, walau kecil, tu daerah katanya basah kan? ;p
    bunga di tengah taman itu kok bikin ilfil ya :p

    laporan wisata kulinernya dooong.

     
  4. kisahdoktermuda

    January 6, 2009 at 7:45 am

    @pak guru : boleh aja,,mksih kommentnya..tar ada lg foto yang lebih bagus..hehe
    @Agushw : nanti dicoba..makasih infonya,,tapi harga makanan disini mahal2 bgt..hikhihkhik..
    @Mina : yup, kecil bgt RSnya…selain saya, yang ada disana ada Nata, Kamal, Yuni, Surya, Fani dllwisata kuliner?tar menyusul ya dok..

     
  5. mina

    January 6, 2009 at 11:59 am

    waaaaaa pada di sana yaaaa kalian semua? gimana rasanya merantau di sana?

     
  6. aswinfian

    January 13, 2009 at 3:36 am

     
  7. bowo

    January 13, 2009 at 10:55 am

    tenang bos…….
    aq akan segera menyusul kesana…..
    buat kuliner, coba bakso daging di dkt pengadilan, trus empek-empek dekat kantor bupati (kalo kada salah), seafod yg dekat pasar, roti maryam enak juga…
    jangan lupa jalan2 ke pondong bos, disana skrg ada villanya dan ada penyewaan jetski,,,,
    tunggu aq az ya
    oh iya, dekat alun2 itu rumah nya yanti bos (calon istri hehehe)

     
  8. indah

    January 18, 2009 at 5:57 pm

    belum pernah ke kalimantan..
    Lam kenal pak dokter!

     
  9. o c H e

    January 19, 2009 at 4:10 am

    Wuahh.. ntar ya kalo saya jadi ke Kotabaru. Saya minta mampirin ke Grogot daaahhh..
    Hwhwhwwhwh…

     
  10. kisahdoktermuda

    January 22, 2009 at 1:48 am

    @bowo : cepati jadi dokter,,,
    @indah : slm kenal jg..mksih udh mampir..
    Oche : ngapain ke kotabaru mbak? ada pacart atau mau bertualang?

     
  11. Axel

    March 26, 2009 at 6:43 am

    Umpatan mandangarakan aja

     
  12. Didit

    April 2, 2009 at 3:20 am

    Makasih banyak, saya seperti kembali ke masa lalu. Saya di lahirkan di Tanah Grogot, 15 tahun kemudian saya pindah ke Jawa Timur.
    Setelah baca Blog ini, saya seperti ada di sana..

    Terima kasih sekali lagi. Info yang lain donk

    Kuliner, Pemerintahan, Tempat wisata. dll

     
  13. kisahdoktermuda

    April 4, 2009 at 2:50 am

    @Didit : tar deh..kpn2 kalo gak sibuk

     
  14. risma

    April 5, 2009 at 8:13 am

    aduh dokter kayaknya banyak pengalaman ya,jangan bosan bagi-bagi pengalamannya ya dok.salam kenal dok!!!!!………… (^|^)

     
    • asmawaty

      May 9, 2009 at 11:11 am

      kangennnnn banget ma paser!!!!!!!!

       
      • asmawaty

        May 18, 2009 at 12:03 pm

        hay dokter lam kenal lw bsa krm lg donk foto2 terbaru seputar paser!!!!!!

         
  15. M.Fajar Waskito

    June 12, 2009 at 11:01 am

    Aih… Tanah grogot ku.. 5 tahun saya dsana,,92-98.. Makam papa pun dsana! Skrng t’pisah laut n pulau. Rindu kaki ingin b’pijak kembali,, mengulang sekolah ku.
    Pak,bs minta tolong kan? Aku pingin foto
    1. TK Aisyiah..dkt lapang bola kandilo
    2. SDN 018 Tanah Grogot
    3. Keadaan jalan Bhayangkara n Taman Polisi
    4. Jalan HOS Cokro Aminoto
    5. Mesjid Syuhada
    6. Foto t’baru lainny.. Hehe..
    Saya rindu tanah grogot!

     
  16. wira

    June 15, 2009 at 3:35 am

    Assalamu Alaikum WR WB
    sy seorang Apoteker ada peluang kerja ngak di grogot mohon infonya thanks before, salam kenal y Pak dok
    wassalam WR WB

     
  17. ihsan.

    September 15, 2009 at 10:16 pm

    wah………………..dah hampir 3 taun g kegrogot….waktu liat blognya temen2 qa kaget,bener kah neh kota dimna q dulu sekolah………..padahal dulu g kaya gini…………..waktu q pindah dari sana semua masih dalam tahap pembangunan……………..yach..biar bagaimana pun juga q tetap bangga ma kota ini……………………

     
  18. aulia

    October 27, 2009 at 4:40 am

    wah..nama kita sama nich yah semoga cepet selesai yah kulyahnya biar jadi Dr Muda atau udah lulus nich,sepertintya menarik nich kota grogot nih…kebetulan bpk,ibuku ada di sana?

    yhanks infonya .

    ^_^

     
  19. aulia

    October 27, 2009 at 4:41 am

    wah..nama kita sama nich yah semoga cepet selesai yah kulyahnya biar jadi Dr Muda atau udah lulus nich,sepertintya menarik nich kota grogot nih…kebetulan bpk,ibuku ada di sana?

    thanks infonya .

    ^_^

     
  20. coklut

    December 9, 2009 at 10:01 am

    Sekedar menambahkan : ‘Kalau ke Tanah Grogot jgn lupa jalan2 n berbelanja ke pasar Senaken, pasar tradisional terbesar di kab Paser.

     
  21. arry

    January 14, 2010 at 7:45 am

    ah masa banyak hotel di tanah grogot,….. yang q tau cuma hotel bumi pasir aja tuh

     
  22. CONCEPTtm

    January 27, 2010 at 9:53 am

    Tanah grogot. kota kecil penuh kenangan,,saya pernah tingal di sana 3Thn,,saya di Jl Sultan hasanudin(HOTEL AULIA) tp wkt itu Sungai kandilo blm bgs gt(2002) jug masjidnya blm semegah ini..mungkin thn ini saya mau mudik lg ke tanah grogot…..

     
  23. FitriAnur

    February 16, 2010 at 2:25 pm

    bener2 mantap tanah kota ku,,,sebentar di tinggal merantau sudah banyak berubah….tp ko ga ada Foto yang jl Sultan hasanudinnya siiih,temen2 ku msh di sana ga ya….
    salam buat eka handayani,okta,anis…dll…radio ramedo..radio expose(masih ada gak ya???).
    salam sayng untuk erwin,,lia,,,eva..desy..dl…..

     
  24. kasmir

    April 18, 2010 at 7:51 am

    salam…….
    wah gmbar tanah grogot skrg bgus2 ya……..da 5 tahun x g sana da…..
    aq rndu btul ar ngn fren2 yg ada d cna…dlu aq penah gak tggal d cna,d jln r suprapto….dekat ngn sgai kandilo…tp trus trang aq respect ngn perkembangan tanah grogot.makasih ya gambar2nya……..hilang cikit rndu ngn tanah grogot….kalo ada kawan kenal ngn aq,ni email ku shinchan.echan@yahoo.com… aq penah jg skul d sltp kartika…rndu ngn guru2 d cna…….aq nak ambil kesempatan tuk mintak maaf ngn guru2 kartika…kawan2 lama………kuarga2….sumanya yg knal ngn aq..luv u so much…….

     
  25. nolla

    May 21, 2010 at 4:02 am

    Assalamu’alaikum..,kangen kegrogot lgi,9 bln meninggalkan grogot buat rasa rindu,mudahan koleksi fotonya nambah kya’daerah psr blengkong,jalur 2 depan bri..dll,makasih p’dokter..wassalam

     
    • ayu

      November 16, 2012 at 11:21 am

      Tanah Grogot adalah tanah kelahirkanku,Udah 10 thn ninggalin grogot, sekarang kembali lagi ke Grogot, banyak sekali perubahannya.Bank BNI dulu bekas rumahku tuh.Banyak kenangan di Tanah Grogot

       
  26. nolla

    May 21, 2010 at 4:08 am

    oh ya boleh salam buat teman2 wanita keadilan.bu’win,mb’ema,mb’yuli..bu siti zainab di jl sungaikandilo sukses ya bu

     
  27. Julia

    July 18, 2010 at 6:02 am

    Wah jdi kngen pengen pulkam ke grogot!! Udh 4taon ngrantau blm blik2, ohy lo ke grogot jngn lpa juga kunjungi t4 wisatax, spti air terjun boyan turu di lempesu.! Sumpah tu keren bgt!

     
  28. Naim

    July 28, 2010 at 4:22 pm

    Assalamualaikm Kak,,

    salam kenal dari saya,,
    Muhammad Naim…

    Saya ada rencana mw ke Grogot ne kak,,

    mw kermh calon,,,(hehe,,mudahan di jodohkan sm Allah)

    klw jadi setelah lebaran ini kak Naim mw ke Grogot,,

    Nah klw jd bs jadi pemanduny Naim kah kak??
    soalny pertama kalinya Naim ke grogot klw jadi,,,

    bls ke email Naim kak naim_wong06@yahoo.co.id

    Terima kasih kak…

     
  29. Fatimah

    August 9, 2010 at 3:10 am

    waaaaaaah lama ga ke grogot rasanya kangen, maklum kerjaan di balikpapan jadi sibuk terus ya meski dekat namanya sibuk yo tetep ga bisa

     
  30. Fatimah

    August 9, 2010 at 3:11 am

    grogot memang indah ya, sya srg kesana dulu tp skrg ga lh

     
  31. na

    September 4, 2010 at 4:17 am

    masjidnya keren banget….
    foto2 ddlmnya dok kaya lebih kerenn.

     
  32. dannie

    December 15, 2010 at 5:42 am

    sebagai asli paser (bpk=grogot, ibu=longkali) saya bangga dengan kabupaten paser walaupun skrg sy dinas berada jauh di jawa sejak 1991,
    msh byk saudara di longkali dan grogot sd di desa pondong, mudah2an sy bisa dinas di daerah sendiri ikut membangun daerah, aamiin…

     
  33. nahdiah

    March 7, 2011 at 3:43 am

    wow..jadi kangen dengan grogot..
    20 taun sudah tak melihat grogot..
    ternyata sekarang sudah sangat hebat..
    yah,,,pernah merasakan mengenyam pendidikan walu cuma TK saja..
    TK Aisyiah sekarang seperti apa ya??

     
  34. virgo

    March 31, 2011 at 12:46 pm

    i lup u paser

     
  35. segg3

    May 11, 2011 at 12:25 pm

    jadi kangen pulang nie.

    uda lama gak makan pentol disiring. hehehehe,.,.,.,.

     
    • aulia rachman

      May 30, 2011 at 12:06 pm

      semoga pian bisa cepat pulang,,,,,dan mkn pentol disana

       
  36. dirman anak hasanuddin

    May 11, 2011 at 12:27 pm

    wahh jadi kangen rumah aku.
    kepengen makan pentol khas siring

     
  37. dirman anak hasanuddin

    May 11, 2011 at 12:30 pm

    hahahah,.,.,.

    jadi inget pentol siring aku.

     
  38. Nor Annisa

    July 28, 2011 at 2:02 pm

    Kangen grogot juga lawan orang-orangnya :'(, mudahan kawa lakas2 bulik dah, lawas kada makan mie ayam dkt dinas kesehatan 🙂

     
  39. jeffri

    March 8, 2012 at 3:06 am

    salam kenal dari jefri norman sani….

     
  40. rini rizky

    June 3, 2012 at 6:31 am

    aduh..bikin nangis :”(

     
  41. nisya

    July 3, 2012 at 9:46 am

    wah mmng bagus aku pernah kesana tempat indah damai rasanya seminggu disana aq ga puas

     
  42. Nhurul

    December 25, 2012 at 8:19 am

    bgus memank tanah grogot ini,, bangga aku tinggal disinii … khususnya d’padang pengrapat,,banyak slak n rambutan cuuyyyy ….

     
  43. Aya'

    January 10, 2013 at 6:05 pm

    Wah sy pgn skali kesitu, blm pernah dan ga ada tmen dsna…
    Ada yg bisa menjadi tempat singgah dan teman sy disana??hehe

     
  44. Eka puspita

    January 16, 2013 at 11:32 am

    Sy pengen sekali kesana, apakah dsna aman untuk saya berkunjung sendirian dan tanpa orang yang dikenal. Mohon infonya.. Terima kasih

     
    • aulia rachman

      January 31, 2013 at 9:22 pm

      insya Alloh aman,,orang paser bersahabat dg orang luar

       
  45. Eka

    January 31, 2013 at 9:17 am

    salam kenal semuanya..
    saya berencan ke grogot dari jogja. boleh minta info nya untuk transportasi ke grogot bsa menggunakan apa dan yang terdekat lewat mana ya.tq

     
    • aulia rachman

      January 31, 2013 at 9:24 pm

      pesawat dulu ke balikpapan,trus naik angkutan darat ke tanagh grogot,atau pesawat dulu ke bandara samudin noor Banjarbaru,trus naik taksi ke banjarmasintru,naik travel khusus (selama 8 jam) ke tujuan grogot.

       
      • Eka puspita

        February 11, 2013 at 10:44 am

        Trimakasih atas infonya, klo blh informasinya lg.. Untuk kos2an apakah disana mudah untuk mendapatkannya.. Terimakasih banyak 🙂

         
      • aulia rachman

        February 12, 2015 at 10:50 pm

        Mudah aja kayaknya ya

         
  46. Gading i

    February 2, 2013 at 5:51 pm

    Bismilah,.
    Kenalin saya gading dari andalas sumatra,..
    Ada ke inginan saya untuk prgi ke prbatasan indonesia / malaysia cuma ingin menancapkan bendera merah putih 0m..
    Saya berpindah dari kota satu ke kota yg lain sambil kerja kuli harian…(maklum tak punya ijazah) he..e
    Kbetulan sekarang masih di daerah surabaya …
    Nanti kalau kami sudah ada uang kami akan coba singgah di sana dan cari uang di grogot buat melanjutkan prjalanan kami 0m…
    Mungkin Aq kan datang prtengahan februari ne..
    Insa’allah, dngan tekad di nadi… Fb saya : gading biru junior..

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:49 pm

      Lanjutkan gading,,,saya salut dengan anda

       
  47. egoh

    March 9, 2013 at 11:33 am

    aku punya sesorang yg aku sayang di kalimantan . di jln sudirman . tp sewaktu saat pasty aku akan menumi dia walaupun aku engak tau tinggal nya di mna ..nama nya Hanna

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:51 pm

      Mudah mudahan nanti ketemu ya pak,,,

       
  48. egoh

    March 9, 2013 at 11:36 am

    sewatu saat saya akan ke kalimantan amin

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:51 pm

      Amin,,,

       
  49. taufik

    May 2, 2013 at 1:42 am

    saya malah sudah di grogot pa dokter………………….

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:52 pm

      Oke ,,taufik

       
  50. i8zuiqbal

    August 20, 2013 at 4:29 am

    hhe saya orang grogot dok,,,salam kenal salam sayang

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:55 pm

      Oh iya,salam kenal ,,saya sdh ga di grogot lagi ,,hehetapi saya sangat senang pernah tinggal di grogot

       
  51. muhlisin

    October 14, 2013 at 3:55 pm

    wah jadi kangen samakota grogot aku dulu tinggal di belebak suliliran lama hehey dah lama banget gak kesono maklum aku kangen sama buah kertungan,paken,cempedak

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:56 pm

      Sama,,saya pun juga kangen.,pengen kelak suatu saat nanti kembali ke tanah grogot

       
  52. Bang Zack

    December 18, 2013 at 11:35 am

    saya dulu sempat tinggal di tana grogot, tepatnya di smk pertanian.., 9 tahun yang lalu.., share gan foto SMK 2 pertanian.., pengen lihat ada perkembangan apa disana.., nice share..,

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:57 pm

      Hehe,,maaf saya gak punya pak…paser buen kesong,,hehe,,hidup ditanah grogot memang menyenangkan

       
  53. Nurhadi

    December 30, 2013 at 5:26 am

    Kenapa kalsel kalah sama kaltim

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:57 pm

      Tidak semua bidang kok,,kalsel juga punya bbrp keunggulan dari kaltim

       
  54. hendra

    January 5, 2014 at 10:59 am

    Kota kelahiran ku…aku akan pulang…:D

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:59 pm

      Mudah mudahan segera terwujud ya

       
  55. indarichie

    January 29, 2014 at 7:50 am

    tempat nongkrong digrogot dimana ya? selain siring,,

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:59 pm

      Kebanyakan ya disitu sih ya,,karna grogot terbilang kota kecil,,,bisa juga nongkrong di plaza nya

       
  56. Alfianha Abbas

    July 16, 2014 at 10:57 pm

    aku kangen banget dengan tanah grogot, semoga impianku untuk ksana lagi bisa trcapai, and bisa bertemu juga dngn sang mantan. hehe 🙂
    tanah grogot I miss you. . . .

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 11:00 pm

      Mudah mudahan bisa terwujud ya pak,,,

       
  57. adi haeffy

    November 21, 2014 at 3:09 pm

    Pa dokter mantap tawaran mampirnya mash berlaku gak sy pengen ke tanah grogot kalau boleh tolong sms 081903366991

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 11:02 pm

      Hehe,,saya sdh nggak di tanah grogot lagi pak,,,sdh pindah ke kalsel

       
  58. Dewi Ayu

    January 26, 2015 at 2:58 am

    K, saya mau intersip di paser februari 2015, mohon info2nya kalau memang kaka masi di paser 🙂

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 11:05 pm

      Saya sdh nggak di paser,,,coba hubungi dinkes setempat aja,,,

       
  59. Muhammad Rifqi Astawan

    February 3, 2015 at 8:01 am

    maaf mau nanya pak dokter saya mau k grgot bsok pagi itu kira2 dimana ya hotel murah minimal 50 ribu lah max smpe 100 saja perhari nya ?

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 11:05 pm

      Kalo hotel murah dibwah 100 rb sepertinya

       
  60. dul djie

    February 5, 2015 at 3:34 am

    salam kenal dok, jadi kangen ma sungai kandilo belongtakewu,… hehehe. cantik skali skrng tanah grogot!!

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 11:09 pm

      Iya,sepwrtinya demikian,,tanah grogot semakin berbenah

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: