RSS

Jalan-Jalan Ke Gua Tengkorak

27 Feb

Gua Tengkorak. Dari namanya terbayang sebuah gua yang bentuknya mirip sebuah tengkorak dan bisa jadi sangat mengerikan. Gua tengkorak merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kab. Paser Kalimantan Timur. Dan Senin siang kemarin, tanggal 23 Februari 2009, kami berempat (saya, dr. Surya, dr. Nata dan Ulis) “bertualang” kesana.
Kami berangkat menggunakan mobil dari tanah Grogot sekira pukul 14.30 WITA dan sampai di Desa batu kajang, Kecamatan batu Sopang sekitar pukul 16.00 WITA. Dari tepi jalan raya, mobil masuk lagi ke menuju jalan kecil sejauh 4 Km.

1-mobi
Sampai disana, perjalanan masih belum berakhir. Kami masih menyeberangi sungai kecil sejauh kurang lebih 300 meter,dengan kedalaman setinggi paha orang dewasa. Setelah itu, kami harus berjalan lagi di lumpur setinggi paha sejauh 50 meter.
2-sulitnya

3-lumpur

Habis dari lumpur, kami pun harus melewati padang rumput dengan pagar kawat keliling. Gua tengkorak seakan-akan diisolasi. Disamping kanan dan kiri, tampak kuburan-kuburan terbuat dari kayu yang usianya sudah sangat tua sekali. Ulis bilang kuburan ini mungkin sudah berusia ratusan tahun.

5-lewatpagar

Aku sempat takut, sempat gak percaya. Perjalanan menuju gua tengkorak benar-benar sangat sulit, tapi kok bisa-bisanya tempat ini dijadikan objek wisata.

6-jembatan
Setelah melewati kuburan, kami harus berjalan di jembatan gantung sejauh kurang lebih 100 meter. Setelah itu barulah Gua Tengkorak terlihat.

7-guanya

Ternyata Gua Tengkorak tidak mirip dengan bentuk tengkorak. Gua mungil dan buntu itu berada di atas gunung, dan untuk menuju kesana kami pun mau tak mau harus menaiki tangga yang terbuat dari kayu setinggi kurang lebih 50 meter.
10-gua
Di dalam gua tengkorak, banyak didapati tengkorak manusia. Hmm..benar-benar mengerikan. Seorang teman di Grogot pernah bilang, dulu ada orang yang mencoba mengambil tengkorak di Gua tersebut, dan baru beranjak beberapa meter dari Gua tersebut, orang itu langsung tewas.
9-plang

Usil amat sih, ngapain juga tengkorak orang diambil.
Baru aku mau pulang dan menaiki mobil, baru orang-orang sekitar kampung cerita kalau Gua tengkorak itu dulunya merupakan tempat pembuangan mayat orang-orang yang tidak dikenal pada masa lalu dan sekarang agak diisolasi. Aihh..sempat takut aku, maklumlah kami banyak banget megang tengkorak dan berfoto-foto dengan tengkoraknya waktu di gua itu tadi..dan pantas banyak sesajen di dalamnya.. (Foto yang ini tidak dipublikasikan)..dr. Surya sendiri malah mau ngambil rokok dan garam yang ada didalam gua..untung sempat kularang. . Jadi ingat film Jelangkung yang aktornya yang diikuti hantu sampai pulang ke kota..
Yang jelas pemandangan hutan, sungai, sawah dan ladang tampak sangat indah terlihat disana, saat kami berada didepan Gua Tengkorak.
11-pemandangan
Puas berada diatas, pukul 18.00 sore, kami memutuskan pulang ke Grogot.
12-para-pendekar

Dan alhamdulillah..sampai hari ini kami belum pernah mendapati hal-hal aneh, setelah pulang dari Gua tengkorak..
Tertarik Kesana????

 
14 Comments

Posted by on February 27, 2009 in Jalan-Jalan

 

Tags: , , , , ,

14 responses to “Jalan-Jalan Ke Gua Tengkorak

  1. nia

    February 27, 2009 at 8:56 am

    hemmmm .. asik yaaaaaaaaaaaaaaa melihat pemandangan menghijau ..

    futu terakhir kok cuman 3??? katanya ber4 ??? hayuu ngumpet diamna tuhh?????

     
  2. yoe

    February 27, 2009 at 2:01 pm

    gagah-gagah banar ka ai lah foto yg paling bawah…

     
  3. syafwan

    February 27, 2009 at 9:57 pm

    Weh, seru banget. Kaya jejak petualang. Jadi apa sudah dibuktikan larangan orang-orang tentang dua tersebut.

     
  4. kisahdoktermuda

    February 28, 2009 at 1:37 am

    @Nia : orang yang satunya lagi menjepret…lumayan menghilangkan stress saat memandang pemandangan hijau dari atas

    @Yoe : emang..hehe..baru tahu kah?hoho

    @Syafwan : Gua yang terisolasi tersebut katanya dulu sebagai tempat pembuangan mayat orang yang tidak dikenal..

     
  5. sibermedik

    February 28, 2009 at 1:26 pm

    “Di dalam gua tengkorak, banyak didapati tengkorak manusia. Hmm..benar-benar mengerikan. Seorang teman di Grogot pernah bilang, dulu ada orang yang mencoba mengambil tengkorak di Gua tersebut, dan baru beranjak beberapa meter dari Gua tersebut, orang itu langsung tewas.”

    Mungkin yang ngambil mau ujian preparat anatomi Bab Cranium…he..he…

     
  6. bakhrian

    March 1, 2009 at 3:05 am

    sepertinya foto yang terakhir tidak nyambung… hahaha

     
  7. Yulian

    March 1, 2009 at 9:38 am

    wah… ada foto semi…

    heeemm… petualngan seru tuh… kapan ya bisa kesana….

     
  8. WQ

    March 2, 2009 at 1:09 am

    nata seksi banget deh

     
  9. kisahdoktermuda

    March 2, 2009 at 1:09 am

    @Siber : iya..jadi ingat ujian Anatomi dulu..apalagi ospeknya..
    @Bakhrian : itu sengaja dok..biar mengundang polemik..maksudnya itulah 3 pendekar sang penakluk gua tengkorak.hehe
    @Yulian : wah jadi gak enak nah..ditunggu ..kalo mau maen ke grogot..

     
  10. Coklut

    March 22, 2009 at 4:32 pm

    Coba jua bjalnan ke lempesu “doktermuda” aé, tentu lebih asyik. Slm knl.

     
  11. risma

    April 7, 2009 at 2:00 am

    wah…..seram juga ya namanya gua tengkorak………………..(^|^)

     
  12. mila

    April 15, 2009 at 6:14 am

    Seksi seksi banar sekalinya lakian bjm neh, bliuran yang meliat….

     
  13. Zainal Arif Purwadi

    September 30, 2011 at 9:28 am

    Mirip ama di Toraja, yach Gua Tengkorak itu?

     
  14. budi borneo

    December 17, 2011 at 7:18 am

    gua tengkorak menjadi satu dari beberapa obyek wisata yang masih bisa dikembangkan di kaltim

     

Leave a Reply

 
