RSS

Saat koass mulai suntuk

13 Jun

Dimarahi, tugas yang belum selesai, gagal ikut ujian atau malah tidak lulus ujian adalah hal-hal yang sering menyebabkan seorang koass menjadi suntuk dan kehilangan semangat hidup. Stress yang dialami setiap koass sebenarnya adalah hal yang biasa, cuma tergantung setiap koass ini memanajemennya. Sejauh mana dirinya mampu mengatasinya atau tidak. Beberapa tips berikut mungkin bisa dicoba seandainya koass sudah mulai suntuk.

1. Ingatlah pada tujuan awal
Kalau kalian merasa kehilangan arah, ingatlah kembali tujuan awal kalian. Kenapa kalian ingin menjadi dokter? Berapa banyak uang yang sudah orang tua kalian keluarkan untuk membiayai kuliah kalian? Berapa banyak waktu yang kalian keluarkan selama kuliah? Haruskah semua pengorbanan menjadi sia-sia? Sanggupkah kalian melihat orang tua kalian bersedih karena melihat anaknya rapuh dan menyerah karena dimarahi atau tidak lulus ujian koass?. Keberhasilan kalian akan membuat orang tua bangga. Saat kalian mulai rapuh, munculkan lagi pertanyaan-pertanyaan itu ke benak kalian berulang-ulang.
2. Sadar diri
Sadarilah bahwa usia kalian sudah semakin tua. Maukah kalian menghabiskan sisa hidup kalian dengan terus menerus menjadi koass? Sementara masih banyak cita-cita dan rencana lain yang dari dulu sudah tersusun dengan baik di masa yang akan datang , malah jadi berantakan karena koass yang lama.
3. Curhat
Jangan memendam masalah sendiri. Curhat adalah hal terbaik. Jangan malu untuk melakukannya. Curhat dengan orang yang terdekat seperti orang tua, saudara, teman atau pacar merupakan salah satu usaha untuk menenangkan atau menstabilkan emosi. Untuk koass perempuan, kalau memang ingin menangis saat itu, janganlah ditahan-tahan, menangis sajalah. Air mata bukanlah suatu kelemahan, tapi itu suatu jalan yang diberikan Allah kepada perempuan untuk menstabilkan emosinya ketika emosinya sedang memuncak. Kesalahan terbesar laki-laki yang sering tidak dirasakan adalah ketika perempuan curhat, dia malah banyak berkomentar, padahal yang dibutuhkan perempuan adalah orang yang mau mendengarkan curhatannya, bukan orang yang punya seratus komentar.
4. Beribadah dan Berdoa
Ini yang utama. Ketika ikhtiar dan usaha sudah dilakukan dengan maksimal, tetapi hasil belum seperti yang diharapkan, maka janganlah menyalahkan diri sendiri dan orang disekitar kalian. Tetapi kembalikanlah semua kepada-Nya. Kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Tingkatkan ibadah dan jangan pernah jenuh berdoa.
5. Pergi Berlibur
Jika waktu koass saat itu tengah senggang atau libur, maka janganlah menunda untuk pergi refreshing dan menenangkan diri sesaat. Dengan refreshing sesaat, walaupun sekadar nonton ke bioskop tentunya kita dapat menenangkan diri dan dapat melupakan semua ketegangan sementara waktu. Setelah pergi berlibur, paling tidak akan muncul motivasi dan semangat baru untuk dapat menjadi lebih baik dari sekarang. Semoga.

Advertisements
 
8 Comments

Posted by on June 13, 2011 in kisah koass

 

Tags: , , , , , , , , , ,

8 responses to “Saat koass mulai suntuk

  1. Galuh Lintang

    June 14, 2011 at 1:51 pm

    lagi obsgin, dan masih adaptasi.. sempat stres sangat di hari pertama… πŸ˜€

     
    • aulia rachman

      June 14, 2011 at 9:56 pm

      biasa awal2 stase koass baru biasa ya kyk gitu, penyesuaian,,,nanti juga adaptasi…yg semangat yaaa…heee

       
  2. mikhael

    August 7, 2011 at 2:15 pm

    biasanya anak2 koass utk menghilangkan stress, juga sering jalan2 bareng dan rekreasi dgn “teman2 senasib seperjuangan”… lumayan utk memompa semangat baru πŸ˜€

     
    • aulia rachman

      August 8, 2011 at 5:05 am

      betul juga, trims untuk tambahan tipsnya,,,,, πŸ˜€

       
  3. sofyan qadri

    November 13, 2011 at 5:15 am

    waterboom,banana boot juga ampuh tu,,,,histeris jeritan orang yang lagi seluncur luncur an maut buat lupa segala nya dan happy…… πŸ™‚

     
  4. Putri Nuraini

    February 7, 2012 at 1:47 pm

    stres, semoga cepat hilaang -.-

     
  5. Rolly Mandari

    February 9, 2013 at 12:42 pm

    Mau gila jaga stase anak ding dong,. Ga mikir libur tapi todur πŸ™‚ thx….

     
    • aulia rachman

      February 12, 2015 at 10:50 pm

      Sama,saya dulu juga gitu,,mau ketawa aja susah

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: